Indonesia Berpeluang jadi Tuan Rumah Turnamen La Liga

Posted: 30 July 2010 in Uncategorized

CEO Primera Liga Spanyol Francisco Roca Perez mengumumkan sebuah rencana besar untuk Asia.

Pihak La Liga ingin mendatangkan minimal tiga klub Spanyol dalam sebuah turnamen tahunan yang disebut Piala Internasional LFP.

Rencananya, turnamen ini merupakan salah satu upaya jangka panjang La Liga untuk mengembangkan sepakbola Asia. Perez mengatakan, Piala Internasional LFP akan dimulai akhir musim depan dengan fiesta concept (pesta sepakbola).

“Sepakbola tidak akan menjadi olahraga global jika tidak populer dan maju di Asia,” kata Perez kepada GOAL.com di sela-sela eksibisi Soccerex Asia di Raffles Convention Centre, Singapura.

Semua negara Asia bisa melakukan bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Internasional LFP antara 1 September dan 31 Oktober mendatang. Dalam hal ini, Perez membuka kesempatan kepada semua asosiasi sepakbola di Asia untuk menawarkan diri sebagai tuan rumah, termasuk Indonesia.

Cina dan Jepang saat ini berada di barisan paling depan untuk hosting turnamen gengsi ini, karena sejak awal kedua negara tersebut menginginkan adanya turnamen seperti ini dari La Liga. Meskipun Cina atau Jepang menjadi tuan rumah 2011, bukan tidak mungkin Indonesia kebagian di tahun-tahun berikutnya.

Perez menambahkan, pihaknya akan melakukan pengaktifan program amal dan melibatkan komunitas sepakbola di Asia, tidak seperti klub-klub Inggris yang ingin meraup keuntungan finansial semata dari benua ini.

“Kami juga akan bekerjasama dengan federasi-federasi lokal [seperti PSSI], untuk mengetahui kebutuhan jangka panjang masing-masing negara, berkomunikasi dengan liga-liga lokal, dan klub-klub sehingga kawasan ini maju dalam hal sepakbola,” ujar Perez.

Selain itu, Perez menginginkan adanya pemain-pemain muda berbakat dari Indonesia untuk bisa dikirim ke klub-klub remaja di Spanyol, seperti FC Barcelona Juniors Luján, Real Madrid Castilla, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s