Ketua DPR Dorong Ibu Kota Dipindahkan

Posted: 30 July 2010 in Indonesia Issue

Ketua DPR Marzuki Alie setuju dengan ide pemindahan Ibu Kota Indonesia ke kota lain. Ia menilai Jakarta sudah tak layak menjadi pusat pemerintahan. “Bagus juga kalau dipindah. Jakarta mau diapakan juga, diputar-putar tata ruangnya begini-begini juga (macet),” kata Marzuki usai rapat paripurna di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (30/7).

Ia menuturkan, penduduk di Jakarta terus menerus bertambah. Sedangkan di daerah tidak. Akhirnya, kondisinya pun ruwet dengan kemacetan. Ia menyakini pemindahan Ibu Kota dari Jakarta akan mengefesiensikan segala hal mulai waktu hingga dana. “Wacana ini (pemindahan ibu kota) sebenarnya saya yang pertama kali melontarkan,” ujar Marzuki.

Karena itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini menyarankan agar Ibu Kota Indonesia dipindahkan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dengan cara itu pembangunan pun merata. “Dari timur ke tengah, dari barat ke tengah,” kata Marzuki.

Meski demikian, Marzuki mengakui hingga saat ini belum ada pembicaraan serius di DPR terkait rencana pemindahan ibu kota. Dewan, kata Marzuki, hanya bisa mendorong melalui undang-undang dan anggaran.

Ditanya bagaimana dengan pendanaannya, Marzuki menyatakan pemerintah pasti mampu membiayainya lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sebab, perencanaannya bisa dilakukan lima tahun dari sekarang. “Soal bekas-bekas bangunan pemerintahan seperti istana negara, gedung parlemen menjadi pusat sejarah sejenis musium dan tujuan wisata,” jelas Marzuki.

alimantan Tengah, kata Marzuki bisa dijadikan sebagai pusat pemerintahan supaya pembangunan bisa dilakukan dari sisi manapun dan tersebar merata. Sementara Jakarta, menurut dia biarkan menjadi kota komersil dan bisnis.

Bangunan Jakarta yang ditinggal, menurut dia bisa dijadikan sebagai museum. DPR, menurut Marzuki menyerahkan wacana ini kepada pemerintah. DPR hanya mendorong seperti dalam segi anggaran dan Undang-undang.

“Kalau ada niat dari pemerintah dalam waktu lima tahun, ibukota bisa dipindah ke tempat yang baru,” tukas Marzuki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s