Anak Pamekasan Raih Emas di Olimpiade Fisika

Posted: 2 August 2010 in kreasi Anak Negeri

Mohammad Shohibul Maromi, siswa SMA Negeri 1 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, berhasil meraih emas dalam ajang International Physic Olympiad (IPhO) atau Olimpiade Fisika tingkat dunia ke-41 yang diselenggarakan di Zegreb, Kroasia, 17-25 Juli 2010.

Sebagai penghargaan, Bupati Pamekasan, Kholilurrahman langsung menyambut kedatangan Shohibul Maromi di pendopo kabupaten dengan meriah.

Kholilurrahman berharap prestasi ini bisa memacu semangat pelajar di sekolah lain untuk giat belajar sehingga bisa meneruskan tradisi emas olimpiade fisika internasional.

Selain Shohibul Maromi, dalam olimpiade Fisika Internasional itu, Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) menerjunkan lima perserta yang direkrut dari seluruh SMA di Indonesia. Empat orang diantaranya berhasil meraih medali emas dan seorang lainnya menyabet medali perak. “Ini prestasi luar biasa, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” kata Kepala SMAN 1 Pamekasan, Basyoir, Minggu (25/7).

Bagi Kabupaten Pamekasan, khususnya SMA Negeri 1 keberhasilan meraih emas ajang Olimpiade Fisika Internasional bukanlah kali pertama. Tahun 2006 lalu, kata Basyoir, salah seorang siswanya Andi Oktavian Latief juga meraih medali emas pada Olimpiade Fisika k- 37 di Singapura. Saat itu, Indonesia juga meraih 4 medali emas dan 1 medali perak. “Alhamdulilah, kami menjadi satu-satunya kabupaten di Madura yang meraih prestasi ini,” ujarnya.

Sebelum berangkat ke Kroasia, Shohibul Maromi dan rekannya Ali Ihsanul Qauli dari SMAN 1 Pamekasan berhasil meraih medali emas dan perunggu di Asian Physic Olympiad (APhO) di Bangkok Thailand. Prestasi ini diulang kembali pada APhO di Taiwan awal Mei lalu, dua orang siswa SMAN 1 Pamekasan itu kembali meraih medali perak dan honorable mention pada APhO di Taiwan.

Keberhasilan di APhO di Taiwan itu, membuat Romi berhak menjadi tim Indonesia bersama empat orang siswa lainnya di seluruh Indonesia, untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi yakni IPhO 41 di Kroasia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s