Papua Bentangkan Bendera Raksasa

Posted: 18 August 2010 in Indonesia Issue

Banyak cara memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Jayapura, Papua, masyarakat membentangkan bendera raksasa di Kampung Skouw Wutung, yang berbatasan dengan Papua Nugini, Selasa (17/8).

Bendera Merah Putih yang dikibarkan berukuran panjang 165 meter dan lebar 47 meter. Bendera itu dipasang pada 33 tiang penyangga yang terbuat dari pohon pinang. Pengibaran bendera melibatkan ratusan warga yang dibantu anggota TNI dan Polri. Sebanyak 33 pohon pinang sebagai simbol jumlah provinsi yang ada di Indonesia.

Tak hanya warga sekitar, beberapa warga dari penjuru Kota Jayapura juga ikut berbondong-bondong datang ke perbatasan. Mereka ingin menyaksikan secara dekat prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang diklaim terbesar di dunia.

Sedangkan di Desa Kalak, Pacitan, Jawa Timur, mahasiswa pecinta alam mengibarkan bendera di lubang raksasa atau luweng ombo sedalam 120 meter–gua paling dalam di Indonesia. Para mahasiswa turun ke dasar dengan membawa bendera berukuran 10 x 15 meter.

Upacara unik itu dilakukan para mahasiswa sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan. Apalagi para pejuang sudah mengobarkan jiwa dan raga untuk kemerdekaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s